Memberi Info Tentang Kewirausahaan, Bisnis, Usaha, Cerita Motivasi, Dan Hidup Sukses Di Jalur Wirausaha

Cara Meningkatkan Kreativitas


Pernahkahanda berpikir seberapa kreativkah anda...? Didalam Dunia wirausaha memang diperlukan sifat kreativ yang tinggi, kenapa ..? karena dalam persaingan bisnis kita akan di hadapkan dengan masalah yang membuat kita harus berpikir lebih kreativ dari kemaren. Tapi ada satu tips dari saya untuk Meningkatkan Kretivitas otak and.....

  • Ubahlah cara berpikir Anda dari negatif ke positif. Semakin positif cara berpikir Anda, membuat Anda semakin percaya diri dan optimis dalam menghadapi permasalahan. Selanjutnya Anda akan semakin kreatif dalam mencari solusi segala permasalahan Anda.
  • Tulislah secara detail mengenai situasi kesulitan yg Anda hadapi, Tulislah segala hal yg berkaitan dengan tantangan Anda, Apa yg menjadi penyebab Anda tertekan? Apa yg Anda kuatirkan? Ini bukan berarti berpikir negatif, tapi untuk mencari jalan keluar dari permasalahan tersebut.
  • Selalu bertanya, Berlatihlah juga untuk menjawab sebuah permasalahan atau pertanyaan dari sudut pandang yg berbeda. Misalnya bisnis Anda sedang menurun, kenapa menurun? mengapa penjualannya menurun? apa karena semakin banyak kompetitor? Dengan semakin banyak pertanyaan yg dapat Anda buat, maka Anda akan terpacu untuk semakin kreatif mencari solusinya.
  • Anda harus Take Action (Bertindak), Bertindaklah, sibukkanlah diri, dan terus bergerak. Tentukan Prioritas Tujuan. Semakin cepat dan semakin jelas tujuan, semakin kreatif diri dalam mencapai tujuan.
  • Mencari Sudut Pandang Lain. Salah satu latihan untuk mengasah kreatifitas adalah dengan mencoba memandang sesuatu dari perspektif lain yg sama sekali baru. Misalnya : ambil sebuah pensil, lalu pikirkanlan dan tuliskanlah sebanyak mungkin ide anda terhadap kegunaan pinsil tersebut – selain untuk menulis – misalnya sebagai tusuk konde, sumpit makan, dsb.
  • Menciptakan Sesuatu. Salah satu kegiatan yg menuntut tingkat kreatifitas tinggi adalah menciptakan karya seni. Untuk itu cobalah untuk menciptakan sesuatu yg bisa digolongkan kepada sebuah karya seni. Cobalah untuk membuat barang-barang seni dari benda-benda di sekitar Anda. Tekankanlah pada prosesnya, bukan pada hasilnya.
  • Cari Informasi Sebanyak-Banyaknya. Salah satu kunci kreatifitas adalah penguasan informasi. Contoh, jika Anda ingin menggambar dengan warna hijau namun cat hijau Anda habis, informasi tentang warna biru dicampur kuning akan menjadi hijau tentu akan sangat bermanfaat.
  • Disiplin. Kata Disiplin disini lebih ke arah disiplin pada diri Anda sendiri.Paksa diri Anda untuk menyelesaikan proses melatih kreatifitas Anda. Lakukan dengan target tertentu.
  • Tidur saja, Renungkan masalah yg Anda hadapi dengan segala aspeknya untuk beberapa waktu kemudian singkirkan semuanya dari pikiran Anda. Tidurlah yg nyenyak. Alam bawah sadar terus bekerja dan seringkali Anda akan bangun di keesokan harinya dengan ide yg hebat.
  • Bicarakan dengan seseorang yg tidak berkaitan sama sekali dengan situasi tersebut, Biasanya mereka akan menanyakan pertanyaan mendasar atau memberikan saran yg terdengar bodoh namun mengarah kepada ide bagus. Bagaimanapun juga dua kepala lebih baik daripada satu, jadi cobalah untuk membicarakannya dengan pihak luar.
  • Ambil suatu benda ( apapun ) dan katakana kepada diri Anda, Barang ini mengandung kunci jalan keluar terhadap permasalahan yg saya hadapi. Kemudian paksakan untuk menemukan beberapa ide. Coba lakukan hal ini terus menerus dengan beberapa benda yg berbeda dan Anda akan memiliki pilihan ide radikal dan inovatif.
  • Bayangkan solusi ideal di dunia ini dimana tidak ada batasan sama sekali Sebagai contoh Anda dapat menggunakan cara apapun yg diinginkan. Sekarang tantang kondisi ideal itu dengan menghadapi segala masalah yg dapat merintangi Anda dalam mencapai tujuan.
  • Gambarkan situasi permasalahan dalam bentuk karton yg menggambarkan orang2 yg terlibat serta masalah2nya. Gantungkan di dinding dan baygkan bagaimana ceritanya berkembang. Kebanyakan otak manusia bekerja dengan lebih baik dengan gambar dibandingkan dengan kata2 / angka. Jadi cara ini dapat membawa kita kepada suatu ide yg fantastis.
  • Capturing. Jangan biarkan satupun ide anda lewat begitu saja, betapapun anda merasa ide itu tidak terlalu istimewa. Segera catat ide anda di ponsel, notes, atau apapun yg bisa ditulis di dekat anda begitu terpikirkan. Seringkali ide-ide brilian muncul sesaat sebelum atau sesudah tidur. Luangkan waktu khusus di pagi hari, untuk mengumpulkan ide-ide anda.
  • Surrounding. Ide2 kreatif adalah hasil dari interaksi kita dengan lingkungan. Karena itu, lingkungan fisik dan sosial anda pun sebisa mungkin harus penuh dengan kreativitas pula. Perbanyak pergaulan dengan orang2 yg latar belakang, kepribadian, atau minatnya jauh berbeda dengan anda. Ubahlah tata kamar anda, cat dindingnya dengan warna baru.
  • Challenging. Kreativitas seringkali muncul mendadak saat menghadapi hambatan atau rintangan. Menantang diri sendiri dengan mencoba menyelesaikan permasalahan yg sulit bisa membantu mengeluarkan ide-ide kreatif yg selama ini tidak terpikirkan oleh anda.
  • Broadening. Sangat penting bagi seseorang yg kreatif untuk memiliki wawasan yg luas. Jangan sungkan untuk mempelajari hal-hal baru yg mungkin tidak berhubungan dengan pekerjaan atau pendidikan anda.
  • Jangan biarkan kritik menghalangi kreativitas anda. Kritik dapat anda gunakan sebagai masukan untuk memperbaiki ide atau mengganti satu ide dengan ide yg lain, tapi jangan pernah menganggap kritik sebagai larangan untuk mengumpulkan atau mengungkapkan ide anda. Criticism should make you more creative, not less.
  • Hadapi ketakutan gagal. Orang2 kreatif adalah mereka yg gagal ratusan kali. Tapi mereka mengambil pelajaran dari kegagalan itu sebagai peluang untuk mencoba lagi dengan cara yg berbeda dan mungkin lebih baik. Kegagalanlah yg secara langsung menyebabkan kreatifitas.

mungkin itu aja dari saya, akhirul salla.... Wassalamualaikum Wr. Wb.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Wirausaha dengan judul Cara Meningkatkan Kreativitas. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://jalurwirausaha.blogspot.com/2012/12/cara-meningkatkan-kreativitas.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Anonim - Jumat, 07 Desember 2012

2 komentar untuk "Cara Meningkatkan Kreativitas"

  1. cukup membantu makasih bro,,,

    BalasHapus
  2. bagaimana solusi kalau kita hidup di dunia yg tertutup dari dunia luar ?

    BalasHapus